My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

2012年12月5日星期三

TEKNOLOGI REPRODUKSI


TEKNOLOGI REPRODUKSI, SOLUSI MASALAH-MASALAH REPRODUKSI  

            Dahulu, orang yang menunggu detik-detik  kelahiran anaknya selalu mempertanyakan jednis kelamin anaknya. Sekarang, dengan teknologi pencitraan Ultrasound, seseorang sudah mendapat cara bagaimana mengetahui jenis kelamin anaknya sebelum dilahirkan sehingga orang tua dapat mempersiapkan kelahiran anaknya dengan baik, meskipun teknologi ini belum akurat 100%. Bahkan sekarang ini, manusia sudah dapat melakukan analisis dini kelainan-kelainan yang terjadi pada janin sewaktu masih dalam kandungan.                                                                                               
Dengan teknologi Amniosintesis dan pengambilan sampel vilus korionik, manusia dapat mengambil sampel sel-sel janin dan cairan amnion. Kemudian, menganalisis sampel tersebut untuk menentukan kelainan-kelainan  yang terjadi pada janin, termasuk kelainan genetisnya. Dengan teknologi ini, manusia dapat mengetahui kelainan janin ketika masih dalam kandungan dan menentukan kelanjutan dari kehamilan tersebut (meskipun cara ini berhubungan dengan etika kedokteran). Paling tidak, dengan mengetahui kelainan yang terjadi pada janin, orang tua dapat menentukan persiapan-persiapan sedbelum anaknya lahir.
           
Bagi ibu yang menghadapi masalah infertilitas, misalnya karena tuba falopitersumbat, alternatif teknologi fertilisasi In Vitro atau bisa di kenal dengan bayi tabung, merupakan solusi yang terbaik. Dalam teknologi ini, seorang ibu hormon dan terjadi ovulasi dan sel telur (ovum) di ambil dari tuba falopi melalui proses pembedahan. Ovum kemudian di fertilisasi dengan sperma yang berasal dari suami dalam cawan petri. Setelah 2,5 hari, zigot akan berkembang menjadi embrio tahapan 8 sel, kemudian dimasukkan ke uterus dan di biarkan melakukan trasplantasi pada endometrium. Suksesnya implantasi dengan kehamilan ibu’ teknologi ini mempunyai tingkat keberhasilan yang besar dan suatu alternatif bagi pasangan yang menginginkan anak karena faktor halangan fertilisasi

.


0 评论:

发表评论